Selamat Datang di Blog Bang Kazu ................Gunakan Menu LABEL untuk melihat daftar isi

Makna Kode SAE Oli Mesin

JAKARTA (MY) – Tidak sedikit orang yang mengerti arti dari kode SAE (Society of Automotive Engineers) oli mesin kendaraan bermotor (mobil atau sepeda motor). Dan biasanya SAE diartikan sebagai tingkat kekentalan pelumas tersebut.

“Contohnya oli 5W30 disebut sebagai oli encer, sementara 20W50 adalah oli kental,” kata Muhammad Fuad, peneliti Migas (Minyak & Gas) dari Lemigas. “Padahal makna kode SAE sesungguhnya lebih dari itu. Kode SAE sebenarnya menunjukkan kemampuan suatu oli dalam menjaga stablitas kekentalannya terhadap pengaruh suhu lingkungan/mesin panas atau dingin, pula.”

Oli-oli yang menggunakan kode SAE berarti telah diuji dan dievaluasi oleh Society of Automotive Engineers. Oraganisasi SAE didirikan oleh Andrew Riker dan Henry Ford pada 1905.

Fuad menjelaskan kode-kode SAE dari oli mesin:



1.SAE 20W50 memiliki makna secara umum oli yang mampu menyesuaikan kekentalannya, pada suhu rendah (dingin) memiliki sifat seperti oli SAE 20W dan pada suhu tinggi seperti SAE 50. Sifat oli SAE 20W mampu distart pada suhu dingin sampai suhu -10 oC (tidak membeku) dan mampu mengalir dengan pemompaan sampai -20 oC. Sifat oli SAE 50 pada suhu mesin tinggi 100o C tidak terlalu encer, dengan kekentalan berkisar 16.3 cSt – 21.9 cSt. (Sebagai perbandingan keenceran seperti air pada 20 oC setara ~ 1 cSt)

2.SAE 15W40 bermakna pada suhu rendah (dingin) memiliki sifat seperti oli SAE 15W, pada suhu tinggi seperti SAE 40. Sifat oli SAE 15W mampu distart pada suhu dingin sampai suhu -15 oC dan mampu mengalir dengan pemompaan sampai -25 oC. Sifat oli SAE 40 pada suhu mesin tinggi 100o C kekentalannya berkisar 12.5 cSt – 16.3 cSt

3.SAE 10W30 berarti pada suhu rendah (dingin) memiliki sifat seperti oli SAE 10W, pada suhu tinggi seperti SAE 30.Sifat oli SAE 15W mampu distart pada suhu dingin sampai suhu -20 oC dan mampu mengalir dengan pemompaan sampai -30 oC.Sifat oli SAE 30 pada suhu mesin tinggi 100o C kekentalannya berkisar 9.3 cS t- 12.5 cSt

Related Posts:

  • Kenapa Cakram Rem Berlubang-Lubang?Cakram rem pada mobil dan sepeda motor, khususnya yang bejenis sport, dibuat dengan bentuk berlubang-lubang. Bentuk itu punya fungsi yang khusus. M Abidin, GM After Sales & Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing,… Read More
  • Cara Merawat dan Membersihkan Busi Sepeda Motor dengan BenarBusi merupakan komponen pada motor yang berhubungan dengan pengapian mesin. Fungsi busi sangat berpengaruh terhadap performa motor. Tak heran jika komponen ini butuh perhatian ekstra. Jika tidak, banyak masalah pada motor yan… Read More
  • Manfaat Poles Mobil Atau Motor Baret atau goresan pada kaca mobil bukan satu-satunya alasan kenapa poles mobil dilakukan. Manfaat poles mobil pun tidak selalu menyoal penampilan. Terdapat banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan poles da… Read More
  • 8 Hal Penting Dalam Menjaga Tekanan Angin BanTak hanya sekedar memperhatikan kondisi mesin dan interior, matickers juga sebaiknya memperhatikan tekanan angin ban. Menjaga tekanan angin ban tetap dalam kondisi normal, selain dapat membuat matic bisa lebih irit bahan baka… Read More
  • Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Velg Jari-jariDemi kenyamanan pengendara sepeda motor, si pemilik motor rela mengubah tampilan sang motor sampai merubah part tertentu demi mendapatkan kenyamanan motor yang di inginkan. salah satunya adalah mengubah kaki-kaki sebuah seped… Read More

0 Comments:

Posting Komentar