Macam -Macam Busi
Februari 10, 2016
No comments
Busi merupakan bagian kecil dari mesin namun memiliki peranan penting. Fungsi busi adalah:
- Menyalakan campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar
- Menyalurkan panas dari ruang bakar
Meskipun kecil, kerja busi sangat berat. Busi harus mampu bertahan dalam tegangan tinggi serta perubahan temperature dari panas ke dingin, sekitar 570 derajat Celcius yang terjadi dalam hitungan mili detik. Menurut penuturan pak Heri dari PT. NGK Busi Indonesia, terdapat beberapa jenis busi yaitu:
Busi standar
Yaitu busi dengan ujung elektroda terbuat dari nikel dan diameter elektroda pusat (center electrode 2.5 mm. umur busi umur busi berkisar 5000 – 20,000 km.
Busi Platinum
Yaitu busi dengan ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electrode dari platinum. diameter center electrode 0.6 – 0.8 mm mm. umur busi umur busi berkisar 30,000 km.
Busi Iridium
Yaitu busi dengan ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electrode dari iridium alloy. diameter center electrode 0.6 – 0.8 mm mm. umur busi umur busi berkisar 50,000 – 70,000 km. Keuntungan busi Iridium adalah umur pakai yang lama sehingga cocok untuk kendaraan dengan mesin yang tidak boleh sering dibongkar. Disamping itu dengan api busi yang lebih besar diklaim akan mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar dengan air-fuel ratio yang sama
Busi Racing
Adalah busi yang dirancang untuk bekerja pada suhu, temperature dan kompresi tinggi serta mesin dengan pemakaian akselerasi dan deselerasi mendadak. Busi racing tidak sama dengan busi Iridium.
Busi Resistor
Busi resistor biasa ditemui dengan kode huruf R pada bagian insulatornya. Busi ini menghilangkan gangguan pada radio, telepon genggam dan ECU (Electronic Control Unit) pada kendaraan. Jadi jika busi kendaraan memakai tipe R, jangan sekali-kali menggantinya dengan busi biasa karena dapat mengganggu kerja peralatan elektronik lainnya.
Busi Alur V
Busi alur V dibuat dengan tujuan memusatkan api busi sehingga menghasilkan power yang besar, kedua elektroda terbuat dari nikel. Meskipun demikian busi jenis ini bukan tergolong jenis iridium maupun platinum, atau dipakai untuk racing, namun untuk kendaraan yang membutuhkan tenaga besar. Busi yang termasuk jenis busi resistor ini dapat dikenali dari kode huruf Y pada seri busi. misalnya BKR5E-Y seperti pada gambar di atas.
Sedangkan menurut tingkat kemampuan melepas panasnya, busi terbagi menjadi 2, yaitu
Busi panas
Adalah busi yang kecepatan transfer panasnya lebih lambat. Artinya panas tersimpan pada busi dan lambat disalurkan keluar busi. Busi panas biasa dipakai pada kendaraan harian. Busi standar, iridium, platinum, resistor dan alur V tergolong busi panas. Indeks panas (heat rating) busi panas NGK berkisar dari 2 sampai 8
Busi dingin
- Adalah busi yang kecepatan transfer panasnya cepat. Artinya panas harus cepat disalurkan keluar busi. Busi dingin identik dengan busi racing yang harus melepas panas mesin dengan cepat. Indeks panas busi dingin NGK berkisar dari 9 – 12. Pada umumnya salah kaprah terjadi di pemakai kendaraan yang beranggapan memakai busi racing (busi dingin) akan membuat kendaraan menjadi lebih cepat. Padahal, mesin kendaraan bukanlah mesin balap. Pemakaian busi racing di mesin standar hanya akan membuat mesin sulit distarter pada awal pemakaian karena panas cepat tersalurkan keluar.
Related Posts:
Bingung Pilih Motor Bebek VS Matik Vs Sport?Bagi para pecinta sepeda motor atau pengguna roda dua, mereka pasti pernah merasakan bagaimana sulitnya memutuskan untuk memilih. Bukan pilih-pilih pasangan, tetapi mereka bingung memilih antara sepeda motor matic, motor bebe… Read More
MENGHITUNG TEKANAN ANGIN PADA BAN KENDARAAN MENGHITUNG TEKANAN ANGIN PADA BAN KENDARAAN - Ukuran tekanan ban pada mobil sebenarnya berbeda - beda antara jenis mobil satu dengan yang lainnya atau antara mobil minibus dengan mobil pick up, mobil pirbad… Read More
Manfaat Poles Mobil Atau Motor Baret atau goresan pada kaca mobil bukan satu-satunya alasan kenapa poles mobil dilakukan. Manfaat poles mobil pun tidak selalu menyoal penampilan. Terdapat banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan poles da… Read More
Mesin Motor DOHC Vs SOHC, Pilih Mana? Produk sepeda motor sport saat punya pilihan tipe mesin yakni SOHC dan DOHC. Apa perbedaan, kelebihan, serta kekurangan keduanya? Terlebih dahulu kita kenalan dengan Single Over Head Camshaft … Read More
Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Populasi sepeda motor setiap tahun terus meningkat sekitar 5 juta unit. Dari jumlah tadi, sekitar 70% adalah motor jenis skuter metik alias skutik. Popularitas motor tanpa gigi ini semakin meroket, bahkan menyingkirkan m… Read More
0 Comments:
Posting Komentar