Pada setiap kendaraan tentunya tidak luput dari penyuplai bahan bakar, Dimana penyuplai ini bekerja untuk mengolah bahan bakar hingga menjadi campuran yang akan dimasukkan ke dalam ruang bakar, komponen yang satu ini disebut dengan karburator, Namun pada pabrikan-pabrikan yang memproduksi sepeda motor sekarang banyak yang menganut Sistem Injeksi.
Peerbedaan antara sistem karburator dan injeksi adalah hanya pada proses penghisapan bensin ke ruang bakar. Pada Sistem Injeksi sudah menggunakan peranti elektronik seperti injektor, yang tugasnya menyemprotkan bensin ke ruang bakar. Sedangkan pada karburator yang masih mengandalkan hisapan yang diperoleh dari pergerakan piston pada silinder. sistem injeksi bisa menyeimbangkan volume bensin yang disemprotkan ke ruang bakar dengan kebutuhan mesin, sehingga didapat hasil pembakaran yang efisien. Jadi Sistem Injeksi sudah tentu akan lebih irit.
Namun pada setiap Sistem tetap memiliki Kelebihan dan Kekurangannya masing-masing. Berikut merupakan Kelebihan pada Sistem Injeksi dan Karburator :
Pada Sistem Injeksi :
=>Kelebihan
* Dapat mengatur A/F ratio berdasarkan kebutuhan mesin dan kondisi cuaca. * Dapat mengatur A/F berdasarkan kadar emisi yang diwajibkan sehingga emisi lebih baik. * Ketika temperature dan tekanan udara berubah maka dia dapat menyesuaikannya. * Injector menyuplai bahan bakar kemesin berdasarkan kebutuhan mesin sehingga penggunaan bahan bakar dapat lebih effisien sehingga menjadi lebih irit.
=>Kelemahan
* Harga lebih mahal dibandingkan karburator sebab lebih banyak terdapat komponen. * Jumlah komponen yang lebih banyak dan kompleks * Perawatan harus menggunakan alat khusus dan teknik tertentu.
Pada Sistem Karburator :
=>Kelebihan
* Lebih murah dibandingkan system injection tetapi apabila ditambah alat lain, maka harganya mendekati system injection. * Jumlah komponen lebih sedikit dan tidak kompleks * Perawatan lebih gampang dan sederhana * Gampang saat dilakukan pembersihan atau servis
=>Kelemahan
* Untuk penyetelan A/F ratio dilakukan manual dan hanya bisa sekali. * Membutuhkan penyetelan yang tepat untuk semua kondisi tetapi tidak dapat mengatasi setiap kondisi yang dapat berbeda-beda * Perlu adanya alat/komponen tambahan agar kerja karburator dapat menyesuaikan kondisi seperti pompa akselerasi, coasting enricher, dll * Penggunaan bahan bakar kurang efisien, sehingga cenderung boros.
Hanya itu yang ane dapat simpulkan, Semoga bermanfaat bagi yang baca . . Terima kasih ...
Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangan Sistem Injeksi dan Karburator
Februari 10, 2016
No comments
Related Posts:
Bingung Pilih Motor Bebek VS Matik Vs Sport?Bagi para pecinta sepeda motor atau pengguna roda dua, mereka pasti pernah merasakan bagaimana sulitnya memutuskan untuk memilih. Bukan pilih-pilih pasangan, tetapi mereka bingung memilih antara sepeda motor matic, motor bebe… Read More
Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Populasi sepeda motor setiap tahun terus meningkat sekitar 5 juta unit. Dari jumlah tadi, sekitar 70% adalah motor jenis skuter metik alias skutik. Popularitas motor tanpa gigi ini semakin meroket, bahkan menyingkirkan m… Read More
MENGHITUNG TEKANAN ANGIN PADA BAN KENDARAAN MENGHITUNG TEKANAN ANGIN PADA BAN KENDARAAN - Ukuran tekanan ban pada mobil sebenarnya berbeda - beda antara jenis mobil satu dengan yang lainnya atau antara mobil minibus dengan mobil pick up, mobil pirbad… Read More
Lima Gejala Busi Mau Mati, Kenali dan Ganti Pakai Yang Asli Busi atau spark plug mati? Tentunya jadi momok mengerikan di perjalanan sehari-hari. Selain mengganggu aktifitas, juga bisa bikin repot kalau motor mogok gara-gara busi mati di malam hari atau di daerah yang … Read More
Mesin Motor DOHC Vs SOHC, Pilih Mana? Produk sepeda motor sport saat punya pilihan tipe mesin yakni SOHC dan DOHC. Apa perbedaan, kelebihan, serta kekurangan keduanya? Terlebih dahulu kita kenalan dengan Single Over Head Camshaft … Read More
0 Comments:
Posting Komentar