Mengatasi Suara Berisik Pada Satria FU
Oktober 31, 2015
No comments
Buat penyemplak Satria F150 mungkin pernah mengalami hal seperti ini, Mesin dirasakan berisik. kretek-kretek-kretek begitu bunyinya Bro. Nah, jangan panik bro! Ini masalah biasa, karakter mesin 4-tak ber-CC besar. Apalagi mesin satria kita berteknologi DOHC, Twin Cam, yang memiliki klep jauh lebih banyak dibanding mesin 4-tak biasa. Sebenarnya mesin berisik ada beberapa penyebab. Biasanya nih, mesin berisik disebabkan: 1. Katup yg berbunyi 2. Bunyi dari bagian piston 3. Bunyi dari bagian rantai timing 4. Bunyi dari bagian kopling 5. Bunyi dari bagian crankshaft 6. Bunyi dari bagian transmisi Nah penyakit yang biasanya dihadapi satria FU 150 biasanya bersumber dari bagian rantai timing, bahasa umumnya rante keteng. Kenapa sih bisa bikin berisik? ya penyebabnya bisa karena rantainya sudah 'uzur' bin melar, sproket (gir)-nya aus, atau karena stelan rantainya tidak pas lagi alias perlu distel lagi kekencengannya. Terus gimana sih solusinya nih? Males banget, motor keren eh bunyinya berisik banget. Huh!!!. Paniknya hati ini, melihat motor kesayangan bunyi mesinnya teriak2. Sederhana sih solusinya, cukup dicek cam chain tension adjuster-nya bahasa gampangnya cek alat penyetel otomatis rante keteng. Cek apakah masih berfungsi atau tidak. Jika sudah tidak berfungsi maksimal ya memang musti diganti. Jadi ngak perlu asal claim minta diganti. Kalo masih berfungsi, artinya perlu distel lagi tuh tensioner!. Ente pasti nanya deh, yakin tuh gara2 tensionernya yg gak bener? Logikanya sih gini bro. Motor kita ini baru, kemungkinan cacat produksi memang ada, namun itu sangat kecil kemungkinannya. Apalagi perusahaan sekaliber Suzuki, pasti ngak sembarangan membuat suatu produk. Minimal mereka telah menerapkan quality control setaraf 6 sigma, bahasa umum dikalangan specialist quality control. Jadi rantai timing - rante keteng- kendor alias melar bin uzur ataupun kasus sproketnya yang aus karena masa pakai harian Udah percaya kan ente-ente?.. Tuh kan nanya lagi, Bos, gimana nih ngecek kl tensioner adjuster masih berfungsi baik? bener kan, pasti nanya. Gini nih caranya: 1.. Buka Cam Chain Adjuster Tensioner dari tempatnya. Gunakan kunci no 8. 2.. Setelah dibuka, dengan menggunakan obeng ( - )masukkan ke dalam celah tegangan rantai cam dan putar searah jarum jam untuk mengendorkan tegangan, kemudian lepaskan obeng ( - ). 3.. Untuk memastikan gerakan batang penekannya, bila batang penekannya macet/mekanisme pegasnya rusak ya harus diganti penyetel tegangan rantai keteng dengan yang baru. Jadi, ngak melulu tensioner adjusternya musti diganti, cek dulu masih bekerja atau tidak. Jika masih bekerja, tinggal menyetel ketegangan rantai cam yang sesuai. Kalo sudah tidak berfungsi barulah diganti. Untuk berbagai kasus, penggantian ini biasanya gratis, karena masih dalam masa garansi. OK, sekarang katakanlah cam chain tensioner adjuster masih berfungsi. Cara memasangnya gimana nih, apakah tinggal pasang aja atau perlu perhatian khusus? Berikut ini langkah-langkah yang kudu duperhatikan pada saat akan memasang kembali alat tersebut. 1.. Sebelum memasang, pastikan pegas penegang sudah dikunci. Caranya dengan obeng (-) putar searah jarum jam. 2.. Putar Crankchaft pada arah yang normal untuk menghilangkan kekendoran rantai antara crank sproket dan exhaust sproket. 3.. Setelah memasang cam chain tension adjuster, putar obeng (-) berlawanan arah jarum jam. Pada saat cam chain tension adjuster berputar batang penegang akan terdorong oleh daya pegas dan menekan cam chain tension adjuster yang sekaligus menekan rantai cam. JIKA INGIN MENCOBA TIPS DI ATAS HARUS DI DAMPINGI MEKANIK BERPENGALAMAN
Related Posts:
Samurai, Spray Kelas Wahid Pembeda Kualitas Cat SemprotCat semprot motor bagi sejumlah para modifikator sifatnya bisa seperti make up. Mempercantik, memperindah, dan yang pasti tujuannya meningkatkan kepedean bagi mereka yang menunggangi kuda besinya. Dari beberapa brand yang ser… Read More
Cara Memilih Knalpot Racing dengan Suara BagusKnalpot merupakan jalur keluar sisa pembakaran mesin motor yang sangat berpengaruh pada performa sebuah motor. Sisa pembuangan motor akan jadi lebih bebas dengan mengganti knalpot standar dengan knalpot racing. Penggantian kn… Read More
Cara Merawat dan Membersihkan Busi Sepeda Motor dengan BenarBusi merupakan komponen pada motor yang berhubungan dengan pengapian mesin. Fungsi busi sangat berpengaruh terhadap performa motor. Tak heran jika komponen ini butuh perhatian ekstra. Jika tidak, banyak masalah pada motor yan… Read More
Kenali Ban Motor Kita [Arti Kode dan Simbol Ban Motor]Pada kendaraan roda dua maupun roda empat, ban adalah salah satu komponen yang sangat penting, karena berhubungan langsung dengan aspal jalanan. Pada komponen itulah kenyamanan, keselamatan, pengendalian, akselerasi, pengerem… Read More
Keluhan Satria FU : Lampu Utama Redup / Kurang terang Buat rider FU yang suka berkendara malam hari, sektor penerangan tentulah sangat vital fungsinya. Dalam soal ini, harus diakui memang sorot lampu utama bawaan satria FU terhitung lemah alias redup. Mengganti bohlam lampu d… Read More
0 Comments:
Posting Komentar