Memilih ban motor harus tepat sesuai kegunaan pengendaranya
Memilih ban motor hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan pengendaranya gan bro. Jangan sampai salah kaprah, kondisi jalanan di Indonesia yang sedemikian itu, ditambah lagi musim nya sekarang lagi hujan, menuntuk kita harus jeli dan tepat dalam memilih pola ban sepeda motor.
Kebutuhan pengendara dengan ban yang digunakan haruslah sesuai, misalnya si pengendara seringkali melewati track basah dan berlumpur, ataupun jalanan tanah menanjak, tentu penggunaan ban yang tepat pada motor ini adalah ban yang memiliki pola dan tonjolan kotak-kota ( ban trail / ban tahu ).
Lain cerita jika pengguna ingin kebut-kebutan dijalanan yang cenderung track basah, misalnya seperti musim kali ini yang seringkali diguyur hujan, penggunaan ban dengan pola garis-garis berlajur menyamping ( lihat gambar ), tentu sangatlah tepat. Daripada ente penasaran seperti apa saja pola ban yang cocok di gunakan di Indonesia, simak ulasan selengkapnya berikut ini :
Pola ban motor yang cocok digunakan di Indonesia
Sesuai judulnya, tipe ban ini sangat cocok digunakan pada track basah. Bukan tanpa alasan, penggunaan pola lajur-lajur garis yang membuang ke arah samping luar ban, tentu sangar berguna sekali dalam memecah genangan air. dalam kecepatan tinggi pun, dengan menggunakan ban ini tentu hati kita sedikit tenang, karena memang jenis ban dengan pola seperti ini didesain untuk track basah.
Ban Kering ( Dry Tire )
Ban jenis ini justru hanya memiliki sedikit bahkan tidak memiliki pola sama sekali. Ban kering, biasanya sangat sering digunakan pada race, seperti motoGP. Ban kering memiliki traksi terbaik saat kondisi aspal benar-benar kering, dan sebaliknya traksi terburuknya adalah pada saat aspal basah, resiko terpeleset pun tak dipungkiri bisa saja terjadi
Ban Basah Kering ( Wet Dry Tire )
Ban dengan pola jenis ini adalah ban yang paling cocok digunakan di indonesia. Selain desain polanya yang memang benar didesain untuk track basah maupun kering. traksi ban pada track basah maupun kering juga cukup bagus. tak khayal, ban jenis ini paling banyak digunakan pada motor-motor di Indonesia.
tetap ingat, selalu menjaga keselamatan dalam berkendara, jangan sepelekan masalah ban, segera ganti ban yang sudah aus. Keselamatan dalam berkenda adalah keuataman. semoga agan bro terinspirasi, salam gasmentok
Tips memilih alur atau pola ban motor
Februari 03, 2016
No comments
Related Posts:
Kenali Ban Motor Kita [Arti Kode dan Simbol Ban Motor]Pada kendaraan roda dua maupun roda empat, ban adalah salah satu komponen yang sangat penting, karena berhubungan langsung dengan aspal jalanan. Pada komponen itulah kenyamanan, keselamatan, pengendalian, akselerasi, pengerem… Read More
Cara Memilih Knalpot Racing dengan Suara BagusKnalpot merupakan jalur keluar sisa pembakaran mesin motor yang sangat berpengaruh pada performa sebuah motor. Sisa pembuangan motor akan jadi lebih bebas dengan mengganti knalpot standar dengan knalpot racing. Penggantian kn… Read More
Mengenal Fungsi Mode Power Dan Eco Suzuki Satria FU150Mode Power Dan Eco Suzuki Satria FU150 | Satria FU menjadi motor andalan dari Suzuki. Tak heran bila fitur dan teknologi terbaru selalu terbenam padanya. New Satria Fu 150 dilengkapi dengan teknologi terbaru SUZUKI Drive Mode… Read More
Keluhan Satria FU : Lampu Utama Redup / Kurang terang Buat rider FU yang suka berkendara malam hari, sektor penerangan tentulah sangat vital fungsinya. Dalam soal ini, harus diakui memang sorot lampu utama bawaan satria FU terhitung lemah alias redup. Mengganti bohlam lampu d… Read More
Cara Menghindari Kena Tilang Polisi / Zebra PolisiOperasi Zebra Polisi atau sering disebut dengan tilang polisi ini terkadang membuat gue deg-deg an saat ketemu dijalan. Entah rasanya seperti melepas rasa kangen dan rindu jantung gemetaran terus. Razia motor yang dilakukan p… Read More
0 Comments:
Posting Komentar